Pada event International Conference – ASEAN Japan Cybersecurity Community (IC-AJCC), sebuah platform kolaboratif yang diselenggarakan oleh Pemerintah Jepang pada tanggal 5-6 Oktober 2023 di Tokyo Jepang, Universitas Indonesia kembali memperoleh prestasi yang membanggakan. Dr. Ir. Muhammad Salman sebagai dosen di program Studi Teknik Komputer (FT) UI sekaligus Co-Founder Indonesia Cyber Awareness and Resilience Center (IdCARE) UI civitas yang mewakili Universitas Indonesia dalam IC-AJCC mendapatkan anugrah penghargaan atas kontribusi dalam membangun kerjasama komunitas ASEAN – Jepang di bidang keamanan siber. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Suzuki Atsuo, Direktur Jenderal National Incident Readiness and Strategy for Cybersecurity (NISC).

 

Dr. Salman menyatakan, “Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah Jepang atas kesinambungan dan komitmennya dalam mendukung komunitas keamanan siber, khususnya di ASEAN, dalam memperkuat kemitraan dalam meningkatkan kapasitas keamanan siber.” untuk apresiasinya terhadap penghargaan yang diberikan.

 

Sebelum terpilih, terdapat empat kandidat dari empat negara yang masuk ke tahap akhir pemilihan, termasuk Indonesia (yang diwakili oleh Dr. Salman), Brunei, Thailand, dan Jepang. Dr. Salman telah aktif berkontribusi dalam kerjasama ini selama lebih dari 10 tahun, termasuk membangun kerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di bidang keamanan siber.

 

Prof. Dr. Heri Hermansyah, Dekan FT UI, juga mengapresiasi penghargaan yang diterima oleh Dr. Salman, mengatakan bahwa melalui proyek kerjasama dengan JICA, Dr. Salman telah berperan aktif dalam meningkatkan kapasitas keamanan siber di Indonesia dan seluruh ASEAN. Dengan prestasi ini, Dr. Salman menambah daftar dosen UI yang berprestasi dan mampu menunjukkan bahwa Indonesia memiliki SDM yang berkualitas di bidang keamanan siber. Selain itu, Dr. Salman juga mendorong dosen-dosen FT UI untuk mengembangkan berbagai aktivitas di bidang keamanan siber di kampus mereka.

 

Adapun konferensi IC-AJCC juga diselenggarakan untuk merayakan 50 tahun kemitraan antara ASEAN dan Jepang.

 

Sumber: Kompas.com