Klaster

Di IdCARE.UI, kelas dikategorikan ke dalam beberapa kelompok berdasarkan isi kontennya. Kami menyebutnya “Klaster”, dan setiap klaster memiliki pemimpin. Ada 5 klaster di IdCARE.UI (Common, Governance, Cyber Forensic, Vulnerable Assessment, Comprehensive Exercises).

Ruki Harwahyu

Common Cluster Leader

Ruki Harwahyu mendapatkan gelar Sarjana Teknik dari program studi Teknik Komputer di Universitas Indonesia (UI) di tahun 2011, mendapatkan gelar Magister Teknik dari UI serta Master of Science dari National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) di tahun 2013, dan mendapatkan gelar Ph.D dari NTUST. Di tahun 2017, dia mendapatkan penghargaan di bidang penelitian dari CTCI Foundation, Taiwan. Saat ini Ruki Harwahyu adalah pengajar dan peneliti berpangkat lektor sekaligus kepala laboratorium Jaringan Komputer di Departemen Teknik Elektro (DTE), Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI). Di tahun 2018, Ruki Harwahyu diangkat sebagai pengarah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk FTUI; expert member di bidang TIK untuk UI GreenMetric World University Ranking; dan dewan editor untuk International Journal of Technology dan Makara Journal of Technology. Di tahun 2020, ia mendapatkan penghargaan Journal Award dari IEEE Indonesia Section. Di tahun 2021, Ruki Harwahyu diangkat menjadi anggota Center for Engineering Education FTUI. Ruki Harwahyu mulai mendalami bidang keamanan siber sejak bergabung menjadi instruktur di CCNA di tahun 2009. Hingga saat ini, ia telah tersertifikasi IEEE WCP, HCAI, HCNA R&S, CND, CEH Master, CTIA, ECSA, ECSA Practical, dan CEI.

Dodi Sudiana

Governance Cluster Leader

Dodi Sudiana adalah Associate Professor di Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Meraih gelar Insinyur di bidang Teknik Elektro FTUI pada tahun 1990. Meraih gelar Master of Engineering dari Graduate School of Science and Technology, Keio University, Jepang, pada tahun 1996 di bidang pemrosesan sinyal. Gelar Ph.D. diraih pada tahun 2005 di bidang penginderaan jauh setelah menempuh studi program Doktor pada Graduate School of Science and Technology, Chiba University, Jepang. Bidang pendidikan dan penelitian utamanya saat ini meliputi penginderaan jauh, pemrosesan sinyal dan citra, multimedia, jaringan komputer, dan kecerdasan buatan. Menjadi anggota Institute for Electronics and Electrical Engineers (IEEE) sejak 2007 dan aktif terlibat dalam pengembangan keilmuan pada Geoscience and Remote Sensing Society dan Japan Society of Remote Sensing (JSRS). Minat penelitiannya saat ini meliputi penginderaan jauh, pemrosesan multimedia, pembelajaran mesin melalui pemanfaatan kecerdasan buatan. Saat ini ditugaskan sebagai Ketua Klaster Tata Kelola Keamanan Siber (Cybersecurity Governance Cluster Leader) pada id-CARE.UI (Indonesia Center for Cyber Awareness and Resilience) Universitas Indonesia.

I Gde Dharma Nugraha

Comprehensive exercises Cluster Leader

I Gde Dharma Nugraha mendapatkan gelar Sarjana Teknik dari Program Studi Teknik Elektro Universitas Indonesia, Depok, Indonesia pada tahun 2005; gelar Magister Teknik dari Program Studi Magister Teknik Elektro, Universitas Indonesia pada tahun 2009 dan gelar Ph.D dari Program Studi Teknik Elektro dan Komputer Chonnam National University pada tahun 2020. Saat ini bekerja sebagai Asisten Profesor dan Kepala Sub Direktorat Perencanaan dan Kebijakan TI, DSTI UI. Gde mendapatkan sertifikasi diantaranya adalah HCIA Cloud Computing, HCNA R&S, AWS Cloud Practitioner, AWS Solutions Architect Associate, ECC CHFI, ECC ECIH, ECC CEH. Saat ini, fokus riset Gde adalah mengenai Internet of Things, Sistem Embeded, Keamanan Siber, Arsitektur Big Data dan Machine Learning.

Diyanatul Husna

Vulnerability assesment & Pentest Cluster Leader

Diyanatul Husna saat ini menjadi dosen dan peneliti di program studi Teknik Komputer Fakultas Teknik Universitas Indonesia khususnya di bidang Keamanan Jaringan dan Informasi. Dia menerima gelar Sarjana Teknik Komputer dari Universitas Indonesia, pada tahun 2015 dan gelar magister di kampus yang sama pada tahun 2016. Dia telah mengajar di berbagai topik teknologi informasi dan keamanan siber sebagai Instruktur untuk EC-Council, Cisco Networking Academy, Huawei ICT Academy, CompTIA, dan Red Hat Academy. Dia telah memperoleh sertifikasi CCNA R&S, HCNA R&S, CompTIA Security+, CCNA Security, CND, CEH Master, CTIA, ECSA, CHFI, ECIH. Minat penelitian utamanya meliputi Keamanan Siber, Keamanan Informasi, Big Data dan Machine Learning.

Yan Maraden

Cyber Forensic & Malware Analysis Cluster Leader

Yan Maraden bergabung dengan Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, sebagai salah satu dosen setelah menyelesaikan program master dual degree di Universitas Indonesia dan Universität Duisburg Essen pada tahun 2009. Bidang penelitian yang diminati adalah Cybersecurity, Internet of Things (IoT), Blockchain Teknologi dan Pembelajaran Mesin. Beliau juga memiliki spesialisasi keahlian dan pengetahuan di bidang Cybersecurity, dan saat ini memegang beberapa sertifikasi aktif dari EC-Council (CEH, CEH Practical, CND, CEH Master, ECIH, CHFI) dan CompTIA (Security+, CySa, CSAP). Terlibat dalam program yang sedang berjalan antara Universitas Indonesia (UI) dan Japan International Cooperation Agency (JICA) sebagai salah satu ketua klaster Forensik bersama dengan beberapa ketua klaster lainnya, dengan tujuan untuk mengembangkan, merancang kursus, pelatihan, dan sertifikasi untuk kurikulum khusus dalam Cybersecurity.