Pesan dari JICA

Halo teman-teman di Indonesia,

Mungkin kalian sudah pernah mendengar tentang JICA sebelumnya, atau Japan International Cooperation Agency, merupakan bagian dari pemerintahan Jepang yang memberikan technical cooperation dan bentuk bantuan lainnya yang disebut ODA atau Official Development Assistance untuk Indonesia dan juga negara-negara lainnya.

JICA menyelenggarakan berbagai kegiatan di Indonesia berdasarkan kesepakatan antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Jepang, dan proyek kami di Universitas Indonesia adalah salah satunya.

Seperti yang anda ketahui, permintaan akan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia yang memiliki keahlian tingkat tinggi dalam cybersecurity di lembaga-lembaga swasta dan pemerintahan semakin hari semakin meningkat. Mengapa begitu? Karena meningkatnya jumlah ancaman cybersecurity dalam kehidupan kita sehari-hari, mulai dari serangan ke Personal Computer hingga jaringan listrik.

Untuk mengatasi keadaan ini, Indonesia perlu mengembangkan sumber daya manusia yang ahli dan terampil dalam cybersecurity sebanyak-banyaknya.

Oleh karena itu, Universitas Indonesia dan JICA merilis “Proyek Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk Cybersecurity Profesional” di tahun 2019.

Program professional IdCARE.UI adalah inti dari proyek ini dan JICA membantu IdCARE.UI dalam berbagai aspek, misalnya, JICA mendatangkan pakar cybersecurity dari Jepang untuk berkerja sama dengan dosen Universitas Indonesia untuk memberikan pelatihan-pelatihan cybersecurity tingkat lanjut.

Jika anda tertarik untuk mencegah ancaman cybersecurity Indonesia, anda dipersilakan untuk bergabung dengan program kami.

Untuk rincian lebih lanjut tentang proyek dan kegiatan JICA di Indonesia, silakan merujuk ke situs web berikut:

Proyek Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk Profesional cybersecurity

Kantor JICA Indonesia