Pesan Pimpinan IdCARE.UI

Salam hangat untuk semuanya

Sejak tanggal 20 Februari 2020 dengan dukungan Kerjasama JICA-UI berdasarkan Intergovernmental Agreement antara Indonesia dan Jepang, di Fakultas Teknik Universitas Indonesia, didirikan IdCARE.UI (Indonesia Cyber Awareness and Resilience Center, Universitas Indonesia). Keberadaan Lembaga ini juga berperan menjadi hub untuk pengembangan sumber daya manusia pada bidang Cybersecurity, baik di Indonesia maupun di kawasan Asia Tenggara. Selain itu juga sebagai upaya untuk berkontribusi dalam ikut serta mengembangkan pengetahuan dan membangun kapasitas SDM yang akan berperan penting dalam ikut mengelola keamanan siber.

Mulai tahun 2022, IdCARE.UI memasuki fase pengembangan baru, dengan berinisiatif mengembangkan berbagai Kelas Pelatihan Keamanan Siber dan Program Sertifikasi Profesional, serta menawarkan program Training-The-Trainers (TTT) untuk melatih para praktisi, profesional dan juga akademisi/dosen dari berbagai Universitas lain yang berminat menjadi Certified Trainer dan menjadi bagian dari CAMP (Cybersecurity Academy Membership Program).

Berbagai kegiatan lain yang juga dilakukan di IdCARE.UI antara lain kegiatan penelitian, studi, dan peningkatan kapasitas terkait keamanan siber, termasuk berbagai kegiatan peningkatan kesadaran (awareness raising) seperti konferensi, seminar, lokakarya, dan diskusi kelompok fokus, serta penguatan kerjasama multi-stakeholder dalam skala nasional, regional maupun global.

Mari berkolaborasi untuk berkontribusi membangun ruang siber kita menjadi tempat yang lebih aman!

Salam hangat,
Dr. Ir. Muhammad Salman, ST, MIT
Co-Founder and Board of Executive IdCARE.UI

Biodata Singkat:

Muhammad Salman saat ini merupakan dosen dan peneliti pada program studi Teknik Komputer Fakultas Teknik Universitas Indonesia khususnya di bidang Keamanan Jaringan dan Informasi. Salman meraih gelar Doktor di bidang Keamanan Jaringan Informasi dari Universitas Indonesia, dan gelar Magister Teknologi Informasi dari Monash University, Melbourne, Australia. Beliau juga merupakan Ketua Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia.

Sesuai dengan bidang keahliannya, beliau pernah menjadi Wakil Ketua ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure) di bawah Kementerian Kominfo, Republik Indonesia. Ia juga Co-Founder dan Board of Executive dari Id-CARE.UI (Indonesia Cyber Awareness and Resilience Centre, Universitas Indonesia) untuk pengembangan kapasitas SDM dan juga penelitian terkait keamanan siber.

Ia juga terlibat aktif berkontribusi dalam pengembangan komunitas TIK terutama untuk menjembatani kesenjangan digital dan juga membangun kesadaran terkaiat keamanan internet. Ia juga bergabung sebagai anggota IEEE Computer Society, ISSA, ISACA, ISOC, ACM, CSA dan IACSIT, serta juga memiliki banyak pengalaman terutama selama menjalani peran sebelumnya dalam mewakili sebagai anggota dan juga steering committee pada berbagai forum dan komite regional dan internasional di bidang keamanan informasi termasuk APCERT, ANSAC, CAMP, FIRST dan OIC-CERT, serta berpartisipasi aktif menjadi narasumber pada berbagai konferensi, seminar, lokakarya, pelatihan dalam bidang keamanan informasi dan jaringan, pengembangan komunitas TIK, pendidikan profesional, industri dan juga kemitraan akademik.